Militer.ID – Resimen Mahasiswa atau yang umum dikenal sebagai Menwa, merupakan unit kegiatan mahasiswa berasas Bela Negara.  Para anggota Resimen Mahasiswa umumnya adalah mahasiswa aktif di perguruan tinggi, yang berhimpun dalam sebuah wadah atau disebut satuan komando mulai dari tingkat satuan, kompi dan batalyon lalu menempuh pendidikan dasar militer di Komando Satuan Pendidikan seperti Rindam, Skadik, Lemdik dan lain sebagainya sebagai awal bergabung sebagai anggota Resimen Mahasiswa.

Menurut website resminya Resimen Mahasiswa sendiri berasal dari cikal bakal perjalanan sejarah Bangsa Indonesia dalam usaha mempertahankan kemerdekaan yaitu melalui Tentara Pelajar.

Dari sanalah pada akhirnya, semangat pemuda dalam usaha turut serta dalam fungsi pertahanan diapresiasi oleh Jenderal Purn A.H Nasution selaku Menteri Koordinator Komponen Pertahanan dan Keamanan yang mengesahkan Duaja Resimen Mahasiswa pada tanggal 12 Juni 1964.

Dalam perjalanannya sejak berdiri, Resimen Mahasiswa pun menjadi salah satu organisasi bela negara besar yang ada di perguruan tinggi.

1 2