Militer.id –  Menjadi seorang tentara profesional adalah idaman seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia. Tidak berbeda dengan keinginan seorang prajurit marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut yakni Serka Siswadi.

Berdinas di Pusat Latihan Tempur Marinir Purboyo, Malang Selatan dijalani Pak Siswadi dengan rasa penuh kebanggaan sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencetak generasi muda Bangsa dengan daya juang tinggi.

Namun, pada sebuah sesi latihan lempar granat di Puslatpur Purboyo, beliau harus merelakan kedua tangannya akibat ledakan saat itu.

Meski dengan keterbatasan tersebut, Serka Siswadi tak sedikitpun kecewa dengan jalan hidup yang telah diambilnya. Kebanggaan sebagai seorang tentara telah mendarah-daging dalam jiwanya.

Rumah Sakit dr. Ramelan Surabaya adalah tempat Serka Siswadi memperoleh rehabilitasi. Beliau mendapatkan rehabilitasi berupa tangan robot atau yang dikenal sebagai tangan bionic  yang terbuat dari titanium yang bekerja berdasarkan perintah otak.

1 2