Militer.ID – Kursus Intensif Bahasa Inggris KIBI TNI atau yang dikenal dengan KIBI merupakan salah satu kursus yang berada di lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang berfungsi untuk meningkatkan Bahasa Inggris prajurit baik Tamtama, Bintara Maupun Perwira serta Pegawai Negeri Sipil TNI.

KIBI TNI pada umumnya dilaksanakan selama tiga hingga empat bulan, dengan terlebih dahulu para calon peserta kursus akan mengikuti serangkaian ujian atau tes dengan materi ALCPT, Structure dan Screening yang berfungsi untuk menentukan tingkat pendidikan atau jenjang kualifikasi KIBI apakah berada ditingkat elementary atau intermediate.

Dan dalam melaksanakan KIBI para peserta kursus pun diberikan materi lain atau bidang studi yang menunjang kejuruan yakni pengenalan pengoperasian Laboratorium Bahasa Multimedia serta internet.

Selain itu, dalam KIBI pun diberikan pembinaan kejuruan yang meliputi ilmu pengetahuan bahasa serta keterampilan berbahasa, cross cultural understanding, laboratory practice dan latihan praktis, ditambah juga bidang studi pembinaan fisik dan program khusus lainnya.

A post shared by Nendy Koesey (@nkoesey) on

Fungsi utama dari pelaksanaan KIBI bagi personel TNI sesungguhnya yaitu untuk menunjang karir, misalnya jika tergabung dalam operasi militer luar negeri, tugas studi luar negeri dan lain sebagainya.

Salah satu contoh adalah partisipasi dalam misi menjaga perdamaian di bawah bendera United Nation atau PBB sebagai military observer ataupun sebagai pasukan, pengamat maupun staf militer yang tergabung sebagai pasukan penjaga perdamaian.

Contoh dalam karir, para lulusan KIBI diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai pendamping (Escort) bagi tamu asing, ADC (Ajudan) tamu asing, Penterjemah Naskah Sederhana dan kader Guru Militer (Gumil) Non internsive di satuan jajaran TNI.

Lebih lanjut para peserta KIBI yang telah menyelesaikan kursus diharapkan setelah mengikuti KIBI dapat meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki dengan terus mengasah kemampuan berbahasa secara mandiri.

Karena kemampuan berbahasa inggris atau bahasa asing juga sebagai jawaban terhadap kebutuhan prajurit TNI yang profesional dan selalu meningkatkan kemampuan diri mengikuti perkembangan jaman agar prajurit TNI senantiasa selalu berada di garis depan dalam usaha menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber :http://tni.mil.id | Image Source : https://www.instagram.com/nkoesey/

No more articles