Militer.id Tentara Negara Indonesia pasti membutuhkan kendaraan militer yang canggih untuk pengintaian atau mengintai musuh. Saat ini TNI sudah memiliki kendaraan militer tersebut dan diberi nama Rantis Komodo 4×4 Recon. Supaya lebih mengenal kendaraan militer ini, simak penjelasan dibawah ini.

Seputar Kendaraan Militer Rantis Komodo 4×4

Seputar Kendaraan Militer Rantis Komodo 4x4

Nama Komodo pada kendaraan taktis buatan Pindad yang diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yodhoyono bertepatan dengan hari pahlawan yakni 10 November 2012. Harapan dari nama ini adalah kendaraan dapat bergerak dengan lincak layaknya hewan Komodo yang perkasa.

Ide awal pembuatan kendaraan ini langsung dari Presiden SBY saat itu yang menginstruksikan untuk membuat dan memproduksi kendaraan tempur dengan kemampuan tinggi di dalam negeri. Setelah itu, PT. Pindad Indonesia ditunjuk mulai dari membuat desain dan perancangan rekayasa. Perusahaan ini juga bertanggungjawab terhadap uji internal rantis ini, mulai dari uji statis, uji tipe dan uji dinamis saat latihan gabungan dari Bandung menuju Baturaja. Setelah semua uji selesai, kendaraan memperoleh sertifikasi dari Dislitbang.

Baca Juga : MENGENAL TANK LEOPARD 2RI, MESIN PERANG MILIK TNI AD

Spesifikasi Rantis Komodo 4×4 Recon

Spesifikasi Rantis Komodo 4x4 Recon

Varian kendaraan taktik (rantis) Komodo didesain untuk menjalankan misi pengintaian. Kendaraan buatan dalam negeri, PT. Pindad Indonesia ini dirancang untuk melakukan pergerakan dengan cepat dan tepat dalam setiap misi. Kendaraan ini memiliki dimensi panjang 5,56 m, lebar 2,25 m dan tinggi 2,15 m. Berat kosong kendaraan adalah 5,8 ton dan berat isi ketika digunakan untuk pertempuran adalah 7,3 ton.

Selain itu, kendaraan taktis ini dilengkapi dengan mesin diesel 215 HP dengan Turbo Chrager Intercooler dan kapasitas mesin 5.193 cc, sehingga mampu melaju di jalan raya dengan kecepatan maksimum mencapai 80-100 km/h. Kapasitas rangka bahan bakar sebesar 200 lt dan memiliki daya jelajah sejauh 450 km. Sedangkan di kondisi jalan offroad, kendaraan ini dapat mencapai kecepatan maksimal 50 km/h sampai 80 km/h.

Kemampuan kendaraan untuk bermanuver dengan baik menjadikannya kendaraan yang handal bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Fungsinya sebagai pengintai membuat kendaraan ini sangat cocok untuk dipakai di medan berat.

Rantis (kendaraan taktis) Komodo 4×4 Recon dapat menampung personel TNI sebanyak 4 orang di dalamnya. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan alat komunikasi berupa radio VHF dan HF yang dapat digunakan sebagai penghubung dengan pasukan lainnya. selain itu, Intercom juga sudah terpasang di dalamnya.

Kendaraan taktis TNI ini juga dilengkapi dengan alat GPS dan Thermal Vision. Alat ini dapat digunakan untuk membantu pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan pada kondisi gelap atau malam hari. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan bodi pelapis baja dan kaca anti peluru setebal 38 mm. PT. Pindad mengklaim dengan spesifikasi bodi yang ada, kendaraan ini memiliki daya tahan sampai peluru berukuran 7,62 mm.

Fungsi Rantis Komodo 4×4 Recon

Fungsi Rantis Komodo 4x4 Recon

Kendaraan taktis varian Komodo ini telah digunakan oleh TNI Angkatan Darat sebagai kendaran tempur (ranpur) yang dipersenjatai rudal Mistral. Selain itu, kendaraan ini juga digunakan oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Batalyon Infanteri (Yonif) dan Korps Brigade Mobil (Brimob).

Komodo ini difungsikan sebagai kendaraan taktis yang dapat digunakan di segala medan pertempuran, terutama medan berat seperti jalan berlumpur, berpasir ataupun bergelombang. Hal ini ditunjang dengan kemampuannya dalam menerjang tanjakan 31 derajat dengan tingkat kemiringan sisi 17 derajat.

Itulah sedikit informasi mengenai kendaraan militer canggih untuk pengintaian yang bernama Rantis Komodo 4×4 Recon. Diharapkan setelah mengetahui kendaraan ini pembaca menjadi lebih mengenalnya dan menambah pengetahuan mengenai dunia militer.

No more articles