Militer.ID – Serda Woli Hamsan telah mengukir dirinya sebagai prajurit TNI berprestasi di kancah Internasional. Kali ini Indonesia di buat bangga oleh pencapaian Serda Woli Hamsan yang merupakan penembak terbaik serta membawa kontingen Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat menjadi juara umum di ajang Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 2017.

TNI AD  kembali menunjukan kebolehannya melalui lomba tembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 2017 yang di berlangsung mulai tanggal 5 – 26 Mei 2017. Perlombaan ini diadakan di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia. Diikuti oleh 20 Negara, hal ini tidak membuat prajurit TNI menjadi gentar, bahkan prajurit TNI berhasil mengalahkan pesaing terberat dalam ajang tersebut yaitu tuan rumah Australia serta berhasil menjadi juara umum dalam ajang bergengsi ini.

Hal ini menunjukan bahwa kekuatan prajurit-prajurit TNI tidak boleh di remehkan dan pastinya juga unggul dari negara-negara lain. Melalui ajang ini serta prestasi yang di capai tentunya reputasi dari Indonesia bahkan TNI AD pun menjadi sorotan dunia.

Tim tersebut di pimpin oleh Letkol Inf Josep T. Sibabutar dengan jumlah personel 14 orang terdiri dari 4 orang  official dan 10 orang lainya adalah petembak.

Setelah perolehan 28 medali emas, 6 perak, dan 5 perunggu dari seluruh materi yang dilombakan yang terdiri dari tingkat beregu dan perorangan, akhirnya TNI AD menjadi juara umum berada di atas Angkatan Darat Australia dan Jepang.

Serda Woli Hamsan keluar sebagai penembak terbaik di ajang ini, dengan perolehan medali sebagai berikut; sembilan medali emas, satu medali perak untuk katagori individual dan enam medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu untuk katagori beregu.

Ia merupakan salah satu dari kesepuluh petembak yang ikut serta dalam kontingen TNI AD di ajang AASAM 2017 itu, dan diriya berhasil menjadi petembak terbaik serta mengharumkan nama Indonesia. Hal yang membuat kagum dari sosok Serda Woli Hamsan ini adalah dirinya hanya menggunakan rumput untuk mengukur kecepatan angin sedangkan negara-negara lain menggunakan alat wind meter untuk mengukurnya. Hal ini juga membuat negara-negara lain kagum terhadap kemampuan nya.

Serda Woli Hamsan merupakan prajurit yang berdinas di Detasemen Markas (Denma) Divisi Infanteri 1 Kostrad, Cilodong. Sebelumnya, Serda Woli Hamsan telah beberapa kali mengikuti berbagai jenis lomba tingkat Internasional diantaranya adalah; 7 kali Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM), 3 kali ASEAN Armies Rifle Meet (AARM), serta 2 kali Brunei International Skill Arms Meet (BISAM). Dari kejuaraan-kejuaraan tersebut hampir di semua kejuaraan Serda Woli Hamsan berkontribusi dalam hal menjadi juara.

 

A post shared by TNI AD (@tni_angkatan_darat) on

Kebahagiaan Serda Woli Hamsan pun di rasakan seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini juga bisa di lihat dari apresiasi Kepala Staff Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Mulyono yang tidak tanggung-tanggung memberi penghargaan kepada Serda Woli Hamsan berupa rumah. Serda Woli Hamsan juga dipersilahkan untuk memilih sendiri lokasi untuk rumah yang akan didapatnya. Selain itu, anggota lain pun diberi sejumlah penghargaan berupa uang. Hal ini sebagai bentuk dan komitmen TNI Angkatan Darat dalam melahirkan para prajurit TNI berprestasi lainnya.

Prestasi yang di capai oleh Serda Woli Hamsan bukanlah akhir dan waktu untuk berpuas diri melainkan menjadi motivasi bagi seluruh anggota bahkan seluruh masyarakat Indonesia untuk terus melangkah maju dan menjadi yang terbaik.

No more articles