Militer.ID – Terinspirasi oleh para prajurit Sparta yang bertubuh bugar dan juga kekar (six pack) yang dikisahkan dalam film 300 karya sutradara Zack Snyder (2007), membuat salah satu prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yaitu Mayor Inf Eka Wira Darmawan terinspirasi untuk menciptakan suatu komunitas olahraga (body building) modern yang kini dikenal dengan nama Sparko (Spartan Komando).

Komunitas Spartan Komando yang dibentuk oleh Eka Wira pada pertengahan 2015 lalu, awalnya merupakan sebuah program Multiple Endurance Training (MET) yang diciptakan oleh beberapa prajurit pasukan khusus Indonesia (Kopassus), dimana latihan tersebut berkonsep Street Workout, Military Crossfit, Balance Training serta High Intensity Interval Running (HIIR) yang memang hanya diperuntukkan untuk para prajurit Kopassus.

Namun dengan seiring maraknya peminat terhadap Komunitas olahraga ini, Eka Wira pun pada akhirnya membuka kesempatan kepada masyarakat sipil, mulai dari remaja hingga orang dewasa untuk ikut bergabung dan berlatih bersama untuk merasakan manfaat dari program MET tersebut.

Setiap hari melalui akun media sosial instagram miliknya, Eka Wira atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan The King of Sparko senantiasa selalu memotivasi para pengikutnya untuk terus menyempatkan diri berolahraga minimal 30 menit sehari baik di pagi hari maupun sore hari meski memiliki banyak aktivitas. Menurutnya hal tersebut merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan serta untuk meningkatkan produktivitas.

Selanjutnya meski hanya dalam kurun waktu 3 tahun, kini Sparko tidak hanya berada di kota Jakarta saja namun juga berada di beberapa kota lain seperti di Malang, Bogor, Madiun, Bandung, Solo, Padang, Jogja, Surabaya, Aceh, Pekanbaru dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

Dan di masing-masing kota, komunitas Sparko pun di bentuk dengan menggunakan nama kota masing-masing sebagai identitasnya. Misalnya saja Sparko Surabaya, Sparko Bandung, Sparko Pekanbaru, Sparko Bogor dan lain sebagainya.

Sparko - Spartan Komando Mayor Inf Eka Wira Prajurit Kopassus

Sparko – Spartan Komando Mayor Inf Eka Wira Prajurit Kopassus (@eka_wira_kingofsparko)

Untuk menjalankan Komunitas Sparko di beberapa kota, Eka Wira di bantu oleh beberapa rekan dan anggotanya sebagai pelatih bagi para anggota komunitas Sparko. Diakui oleh para anggota komunitas Sparko, Eka Wira sangat menginspirasi dan memotivasi para anggotanya untuk terus berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh agar ideal, tetap fit dan juga prima dalam menjalankan berbagai aktivitas setiap harinya.

Untuk dapat bergabung dengan komunitas Sparko, masyarakat umum sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun (gratis), hal ini disebabkan karena Eka Wira ingin agar Sparko dapat menjadi tren gaya hidup baru bagi masyarakat di seluruh Indonesia untuk saling memotivasi dan menginspirasi dalam menjaga kesehatan melalui olahraga.

Salah satu keunikan dari Sparko ini adalah sang pendiri komunitas, sering sekali menciptakan gerakan kombinasi baru pada berbagai macam aktivitasnya yang membuat banyak orang semakin tertantang dan merasa tidak mudah bosan dengan aktivitas olahraga yang dijalani.

Apalagi dengan semakin banyaknya jumlah para peserta yang ikut serta dalam pelaksanaan program latihan, juga membuat kegiatan latihan Sparko semakin menarik dan menantang untuk diikuti.

Beberapa lokasi latihan yang sering digunakan oleh Sparko beberapa diantaranya adalah Area Parkir Kolam Renang Cijantung, Jakarta Timur ; Stadion Pakansari Cibinong, Bogor ; Lapangan Gasibu, Bandung ; Alun – Alun Serang, Banten ; Stadion Manahan, Solo dan juga Lapangan Sempur, Bogor dan beberapa tempat lainnya.

Bagi para pembaca yang tertarik untuk bergabung dengan Komunitas Sparko, dapat langsung mengunjungi akun instagram Eka Wira (@eka_wira_kingofsparko) atau dapat langsung mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran disini.

Beberapa gerakan-gerakan senam kombinasi ala Sparko yaitu adalah Lunges, Regular Push Up, Classic Crunch, Squats, Diamond Push Up, Lying Leg Raises, High Knees, Spiderman Push Up, Butterfly Crunches dan Burpees. Dimana pada masing-masing gerakan dilakukan sebanyak  5 – 10 kali, dan umumnya dilakukan sebanyak 3 set setiap latihan.

 

 

No more articles