Militer.ID – Memiliki kesibukan sebagai karyawan di salah satu perusahaan e-Commerce Nasional, ternyata tidak membuat gadis ini menghentikan langkahnya untuk mengabdi kepada Bangsa, dengan cara aktif sebagai staf di Skomen Jayakarta.

Detta Nurika atau yang lebih akrab disapa Detta, saat ini percaya oleh Komandan Menwa Jayakarta Raden Umar, M.Pd sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Resimen Mahasiswa Jayakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Asops Kasmen Jayakarta.

Dalam kesehariannya, gadis muda ini bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan operasional termasuk bertindak sebagai motor organisasi Menwa Jayakarta dalam berbagai sektor.

Mulai bergabung di Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur angkatan Jiwatrisna Jayakarta tahun 2010, sejatinya telah memberikan kesempatan pada dirinya untuk bertemu dengan para senior serta alumni yang senantiasa membimbingnya baik dalam kemenwaan, perkuliahan, karir bahkan soal kehidupannya.

Untuk jenjang karir kemenwaan, Detta Nurika memulainya dengan menjabat sebagai Kepala Sub Urusan Hubungan Masyarakat (Ksu Humas) di Menwa Universitas Borobudur pada tahun 2010, selanjutnya dirinya juga ternyata pernah menduduki jabatan sebagai Wakil Komandan Satuan  (Wadansat) selama 2 periode yakni pada tahun 2012 – 2014.

Bahkan di tahun 2013, Detta menjadi salah satu delegasi dari 200 mahasiswa yang terpilih berpartisipasi dalam program nasional yang digagas oleh Kopassus yaitu Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi dan ditugaskan di Subkorwil Gorontalo.

Dimana pada kegiatan tersebut, mengharuskan dirinya terpisah jauh dari orang tua dan keluarganya selama kurang lebih 6 bulan lamanya.

Kegiatan Ekspedisi NKRI yang diikutinya tersebut diawali dengan latihan pembentukan yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan Komando Pasukan Khusus (Pusdikpassus) Situ Lembang, Jawa Barat. Hal ini benar-benar menjadi batu loncatan bagi gadis kelahiran Bekasi, 5 Desember ini.

Selanjutnya, beberapa pendidikan yang pernah di tempuh selama aktif di Resimen Mahasiswa antara lain adalah Kursus Pelatih (Suspelat) di Universitas Borobudur, Kursus Dinas Staf (KDS) di Pusdik Ajen Kodiklat TNI AD, dan beberapa pendidikan khusus lainnya.

Dan atas kerja kerasnya selama menjabat sebagai Asops Kasmen Jayakarta, pada tanggal 3 Desember 2017 dirinya menerima penghargaan dan lencana Widya Waskhita Nagara Bhakti dari Swiss German University.

Penghargaan Widya Waskitha Nagara Bhakti Swiss German University

Penghargaan Widya Waskitha Nagara Bhakti Swiss German University

Bagi dirinya, meski jabatan Asops Kasmen Jayakarta periode sebelumnya selalu diduduki oleh pria, dirinya percaya bahwa Srikandi Menwa Jayakarta sesungguhnya memiliki kemampuan atau kompetensi yang sama untuk bersaing dalam pengabdian kepada Bangsa melalui Resimen Mahasiswa.

 

No more articles