Bela Negara Menwa Indonesia

Source : Instagram @eviyuliany

Peran serta sebagai stabilisator dan dinamisator di wilayah civitas akademika masing-masing perguruan tinggi pun mulai diapresiasi.

Dan hingga saat ini, Resimen Mahasiswa masih aktif dan jumlah perguruan tinggi yang membentuk satuan atau batalyon Resimen Mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi semakin bertambah jumlahnya.

Tidak hanya sekolah kedinasan pemerintah dan perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta dan sekolah kedinasan swasta pun memiliki satuan/batalyon Resimen Mahasiswa di masing-masing kampusnya.

Dan dalam strtuktur organisasinya, masing-masing satuan atau batalyon Resimen Mahasiswa di perguruan tinggi dipimpimpin oleh seorang Komandan Satuan / Komandan Batalyon, dimana setiap Komandan tersebut bertanggung jawab kepada pimpinan menwa provinsi atau yang dikenal sebagai Danmen atau pimpinan tingkat provinsi.

Dari tingkat provinsi, para Danmen ini bertanggung jawab secara langsung kepada seorang Komandan Nasional atau umumnya dikenal sebagai Dankonas.

Selain para anggota yang umumnya adalah mahasiswa aktif, peran alumni Resimen Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi IARMI (Ikatan Alumni Resimen MahasiswaIndonesia) pun berperan aktif dalam mendukung para menwa aktif untuk semakin semangat turut serta dalam bela negara.

 

1 2