Militer.ID – Wamena, tepat pada tanggal 10 Agustus 2017 pukul 13.00 WIT bertempat di lapangan upacara Markas Kodim 1702/Jayawijaya pendidikan dasar militer Resimen Mahasiswa atau Menwa Papua angkatan pertama Satuan STISIP Amal Ilmiah dibuka.

Upacara tersebut dipimpin oleh Danramil 1702/03 Wamena Mayor Inf Trisno Pujo Santoso yang dihadiri juga pejabat struktural di lingkungan Kodim 1702/Jwy serta pimpinan perguruan tinggi STISIP Amal Ilmiah Bapak Rektor Dr. H. Rudihartono Ismail, M. Pd beserta staf dan jajaran pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STISIP Amal Ilmiah.

Pembentukan Resimen Mahasiswa di lingkungan civitas akademika STISIP Amal Ilmiah sendiri merupakan insiatif Presiden BEM STISIP Amal Ilmiah yaitu sdr. Azi Widi Kusuma Jaya yang berkolaborasi dengan Kapten Inf Restu Luberna selaku Pasiter Kodim 1702/Jwy.

Azi, Presiden BEM STISIP Amal Ilmiah menerangkan, Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan motor penggerak mahasiswa dalam menyebarkan nilai-nilai bela negara dan hal tersebut sangatlah dibutuhkan khususnya di wilayah Indonesia timur. Dengan wilayah yang masih terbilang rawan terjadinya konflik, para anggota resimen mahasiswa diharapkan mampu menjadi contoh pelopor kesadaran kecintaan dan kebanggaan mahasiswa kepada Bangsa dan Negaranya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Pasiter Kodim 1702/Jwy Kapten Inf Restu Luberna, beliau menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan dan pendidikan dasar militer (Diksarmil) Resimen Mahasiswa merupakan salah satu bentuk pendekatan teritorial Kodim 1702/Jwy dalam hal komunikasi sosial kreatif dimana kegiatan tersebut bermaksud untuk mempengaruhi, mengajak dan merubah pola pikir para pemuda dalam hal ini adalah mahasiswa dalam kegiatan bela negara yang sudah mulai menurun dikalangan pemuda akhir-akhir ini serta untuk menumbuhkan semangat jiwa patriotisme dan cinta akan tahan air.

Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Menwa Papua Menchandra Papua STISIP Amal Ilmiah

Pengenalan materi Struktur Organisasi oleh Ichsan Yudha Pratama Alumni Menwa Universitas Borobudur Jakarta

Dalam pendidikan tersebut, dihadirkan pula salah satu alumni Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur Jakarta, sdr. Ichsan Yudha Pratama yang juga merupakan salah satu putra Wamena, yang berkesempatan mengajarkan tentang struktur organisasi Resimen Mahasiswa, Sejarah Menwa, Pengetahuan Organisasi, dan berbagai macam pengetahuan teknis lainnya yang diharapkan akan menjadi pondasi bagi para peserta Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) untuk dapat bekerja sebagai satuan resimen mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan tersebut.

No more articles