Militer.IDResimen Mahasiswa Universitas Borobudur merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berasas Bela Negara yang berada di lingkungan civitas akademika Universitas Borobudur. Berdiri pada 12 Desember 1984, Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur berdiri di bawah komandi Skomen Jayakarta.

Dimulai dari angkatan Siaga 1984, hingga saat ini Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur masih tetap eksis dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan mahasiswa dalam upaya Bela Negara.

Dengan pembinaan di bawah Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan yang bertindak sebagai Wakil Kepala Markas Distrik, Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur tetap berupa melakukan pendidikan secara bertingkat dan berlanjut.

Mulai pendidikan dari jenjang Pralatihan Dasar Militer yang dilaksanakan di lingkungan kampus, hingga melakukan Pendidikan Dasar Militer di Satuan Pendidikan seperti Rindam Jaya, Condet lalu beberapa pendidikan lanjutan seperti Kursus Dinas Staf, Kursus Pelatih, Kursus Survival dan lain sebagainya dimana hal tersebut diciptakan guna membentuk sumber daya manusia tangguh dengan potensi yang mumpuni.

Dan selain berbagai pendidikan kemiliteran, Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur juga dilengkapi dengan berbagai pendidikan dan pelatihan kepemimpinan guna mempersiapkan calon pemimpin masa depan. Dimana kegiatan ini banyak berkolaborasi dengan unit kegiatan mahasiswa lainnya, bahkan institusi lain sehingga tercipta sinergi antar organisasi baik di lingkungan internal Universitas Borobudur maupun eksternal.

Dengan semangat “Membiasakan yang benar, Bukan membenarkan yang Biasa” – adalah bentuk pembinaan yang diteguhkan oleh Resimen Mahasiswa untuk menciptakan karakter sumber daya manusia yang selalu belajar dan memperbaiki baik dari segi kinerja maupun aspek lainnya, sehingga dapat selalu meningkatkan mutu pendidikan dan pengabdian Resimen Mahasiswa dalam skala kecil hingga besar.

Selain itu, untuk mendukung tugas pokok para mahasiswa, setiap anggota yang berprestasi selalu diberikan beasiswa, guna memotivasi agar terus meningkatkan kemampuan diri hingga mempertahankan prestasi agar dapat memotivasi rekan mahasiswa yang lain minimal untuk berbuat hal yang sama yakni berkegiatan positif untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

Semangat inilah yang menjadikan Resimen Mahasiswa Universitas Borobudur menjadi unit kegiatan mahasiswa pilihan dengan berbagai potensi yang ada didalamnya, bukan hanya soal peminatan namun manfaat yang akan didapatkan dari dalam organisasi tersebut.

 

No more articles