Bakamla: Sejarah, Tugas, dan Proses Rekrutmen

Sumber : instagram.com/bakamla_ri

Militer.ID – Tahukah Anda tentang salah satu lembaga yang bertugas khusus untuk menjaga keamanan wilayah laut Indonesia? Bakamla adalah Badan Keamanan Laut Republik Indonesia. Meskipun belum seluruh masyarakat memahami, keberadaannya memiliki peran yang begitu penting.

Membahas tentang lautan Indonesia, sejak dahulu ada sosok yang jasanya juga tidak seharusnya kita lupakan, yaitu nenek moyang atau leluhur. Leluhur bangsa Indonesia sudah memberi perhatian khusus pada lautan, seperti terlihat pada lagu Nenek Moyangku. Hal itu tidak lepas karena Indonesia memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan.

Luas wilayah lautnya sendiri mencapai 6,32 juta m2, sedangkan daratannya 1,91 juta m2. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, wilayah garis pantainya mencapai 54.716 km. Beragam julukan dimiliki oleh Indonesia sampai hari ini, salah satunya negara maritim.

Mengingat luasnya area perairan Indonesia, tentu diperlukan satuan pengamanan yang baik. Fungsinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja negara tetangga yang melakukan aktivitas illegal di perbatasan laut Indonesia. Itulah mengapa, sebagai warga negara yang baik kita perlu memahami tentang Badan Keamanan Lautan.

Sejarah Berdirinya Bakamla

Logo Bakamla

Membicarakan soal keamanan laut masyarakat awam pasti lebih familiar dengan angkatan laut. Pada artikel ini akan kita bahas tentang Badan Keamanan Laut Republik Indonesia, mulai dari sejarah, tugas, proses rekrutmen, dan juga gajinya.

Menurut sejarahnya, Bakamla sendiri didirikan sejak 8 Desember 2014 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 178 Tahun 2014. Sekretaris Kabinet (Serkab) Andi Wijayanto yang mendampingi Presiden Jokowi kala itu juga memberi pernyataan khusus. Bahwasannya Pembentukan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia menandakan era baru sinergitas operasi keamanan laut yang didukung oleh Sistem Peringatan Dini dan Unit Penindakan Hukum yang terpadu.

Kepala Bakamla Republik Indonesia saat ini adalah Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. Dengan dibentuknya Bakamla ini maka seluruh wilayah laut di Indonesia berada di bawah kekuasaan dan kendali mereka.

Sebagai organisasi yang resmi, Bakamla memiliki lambang yang memiliki arti tersendiri dalam setiap unsur simbolnya.

Tugas dan Fungsi Bakamla

Sumber : instagram.com/bakamla_ri/

Sama seperti lembaga-lembaga yang ada di Indonesia, Bakamla juga memiliki tugas dan fungsi tersendiri. Tugasnya adalah menjaga dan memastikan keamanan wilayah perairan seluruh Indonesia dan wilayah yuridiksi Indonesia. Sementara itu fungsi dari Badan Keamanan Laut Republik Indonesia sebagai berikut:

Baca juga:

Proses Rekrutmen

Sebagai salah satu lembaga yang paling banyak menjadi incaran putra putri terbaik Indonesia, maka proses rekrutmennya juga tidak mudah. Rekrutmen CPNS Bakamla tahun 2021 membuka empat formasi untuk penempatan para pelamarnya. Di mana saja penempatannya? Kantor Pusat Badan Keamanan Laut RI, Wilayah Barat, Wilayah Tengah, dan Wilayah Timur. Kuota CPNS yang buka untuk tahun 2021 ada 372 formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat, S-1, D-3 dan D-4.

SMA/SMK Sederajat

1. SMK Pelayaran Nautika (34 Formasi)

2. SMK Pelayaran Teknika (74 Formasi)

3. SMK Mesin (14 Formasi)

4. SMK Tata Boga (23 Formasi)

5. SMA Sederajat + Sertifikasi BST (55 Formasi)

S-1

1. S-1 Administrasi Negara (3 Formasi)

2. S-1 Akuntansi (24 Formasi)

3. S-1 Sistem Informasi (10 Formasi)

4. S-1 Teknik Informatika (46 Formasi)

5. S-1 Ilmu Komunikasi (1 Formasi)

6. S-1 Ilmu Hukum (2 Formasi)

7. S-1 Ilmu Administrasi Publik (1 Formasi)

8. S-1 Sastra China (3 Formasi)

9. S-1 Sastra Inggris (6 Formasi)

10. S-1 HI (Hubungan Internasional) (4 Formasi)

11. S-1 Kedokteran (1 Formasi)

D-3 dan D-4

1. D-3 Perawat Gigi (1 Formasi)

2. D-3 Manajemen Administrasi (1 Formasi)

3. D-3 Akuntansi (4 Formasi)

4. D-3 Telekomunikasi (18 Formasi)

4. D-3 Nautika (10 Formasi)

5. D-3 Perkapalan (8 Formasi)

6. D-3 Keperawatan (5 Formasi)

7. D-4 Teknika  (24 Formasi)

Persyaratan Dokumen

Dokumen yang harus ada untuk mengikuti seleksi CPNS Bakamla misalnya:

Ada beberapa dokumen pendukung yang saat pendaftaran, misalnya:

Proses seleksi CPNS Bakamla ini terdiri dari 4 tahapan yakni:

Gaji Bakamla

Gaji Bakamla sendiri bervariasi tergantung dengan formasi jabatannya. Tahukah Anda PNS Bakamla memperoleh gaji berapa setelah lolos dan bertugas? Berikut informasinya sesuai jabatan.

1. Bosun: Rp1.904.000

2. Juru Mesin: Rp1.904.000

3. Juru Minyak: Rp1.904.000

4. Juru Motor: Rp1.904.000

5. Juru Mudi: Rp1.904.000

6. Kelasi: Rp1.904.000

7. Kerani: Rp1.904.000

8. Oiler: Rp 1.904.000

9. Serang: Rp 2.095.000

Selain gaji pokok di atas, masih ada lagi tunjangan seperti uang makan dan beras. PNS yang bisa berhasil lolos di jabatan yang ada di Badan Keamanan Laut RI bisa menerima penghasilan mencapai Rp5 jutaan setiap bulan. Selama menjalankan tugasnya, PNS Bakamla mendapat kesempat untuk cuti pada hari tertentu seperti; cuti tahunan, cuti sakit, cuti besar, cuti melahirkan, cuti karena alasan penting, cuti di luar tanggungan negara, dan cuti bersama.

Demikian sejarah, tugas, dan proses rekrutmen Bakamla. Semoga informasi ini memberi manfaat untuk Anda, rekan, atau keluarga Anda yang ingin bergabung sebagai bagian dari Badan Keamanan Laut Republik Indonesia. Karena itu, mudah-mudahan juga bisa menambah wawasan Anda mengenai lembaga keamanan perairan nusantara. Bukan hanya memahami tentang Bakamla, tapi juga semoga membuat Anda semakin mengenal tanah air, khususnya dari bidang militer.

Exit mobile version