Militer.id Brigif 3 Marinir atau Brigade Infanteri 3 Marinir merupakan kekuatan terpusat TNI yang berada di daerah Sorong Papua Barat. Brigade Infanteri ini terbilang masih belum lama terbentuk karena usianya masih 2 tahun dan terbentuk pada tahun 2018. Perlu diketahui jika Brigif satu ini merupakan cabang dari TNI Angkatan Laut. Untuk lebih jelasnya, simak uraian dibawah ini.

Seputar Brigade Infanteri 3 Marinir

Seputar Brigade Infanteri 3 Marinir

Brigade Infanteri 3 Marinir merupakan satuan setingkat dengan Brigade Infanteri di jajaran Korps Marinir. Brigade Infanteri 3 Marinir ini memiliki nilai strategis sendiri karena sebagai kekuatan terpusat TNI Angkatan Laut (AL) yang berada di daerah kekuatan militer. Mako Brigade Infanteri 3 Marinir bermarkas di Salawati  Katapop, Sorong, Papua Barat.

Sebelum berubah nama menjadi Brigif 3 Mar atau Brigade Infanteri 3 Marinir, Brigif ini memiliki nama satuan Korps Marinir. Perubahan nama ini berdasarkan Keputusan Komandan Korps Marinir No.88/V Tahun 2018 tentang Peresmian Perubahan Nama Kesatuan Pasmar-1 dan Pasmar-2 serta pengukuhan jabatan Danpasmar.

Adapun satuan yang berada dibawah Brigif 3 Mar adalah Batalyon Infanteri 11/Marinir, Batalyon Marinir 12/Marinir dan juga Batalyon Infanteri 13/Marinir. Sedangkan komandan yang saat ini memimpin adalah Kolonel Mar Edi Prayitno.

Dengan didirikannya Brigade Infanteri di Sorong berarti di Papua memiliki dua Brigif. Dimana Brigif yang satunya berada di Timika. Berbagai persiapan untuk mendirikan Brigade Infanteri 3 Marinir sudah dilakukan. Persiapan yang dilakukan dimulai dengan pembebasan lokasi untuk kemudian dibangun menjadi markas. Diharapkan pembangunan Brigif ini bisa selesai pada tahun 2020.  Brigif Sorong dan Brigif Timika nantinya akan berada dibawah Divisi III yang berkedudukan di Makassar.

Baca Juga : MENGENAL BRIGIF 17, PASUKAN PEMUKUL REAKSI CEPAT TNI

Kekuatan Terpusat TNI di Sorong, Papua Barat

Kekuatan Terpusat TNI di Sorong, Papua Barat

Brigif 3 Marinir sebagai kekuatan terpusat TNI di daerah Sorong Papua Barat maka seluruh prajuritnya diminta untuk meningkatkan kemampuan jasmaninya. Cara yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan jasmani adalah dengan mengadakan SAMAPTA PERIODIK. Kegiatan ini biasanya diadakan di lapangan Apel Mako Brigif 3 Mar Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur serta meningkatkan kemampuan prajurit Brigif 3 Mar selama berlatih pembinaan fisik (Binsik) di satuan. Tujuan lainnya yaitu untuk mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut Korps Marinir dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari di lapangan bisa terlaksana dengan baik serta menjaga maupun membina fisik jasmani supaya tetap sehat dan juga kuat.

Tes SAMAPTA PERIODIK juga sebagai modal awal dalam UKP prajurit serta seleksi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan satu ini juga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusi (SDM) prajurit di Brigif 3 Marinir supaya lebih profesional dalam melaksanakan tugas-tugas yang sedang diembannya. Diharapkan prajurit yang mengikuti kegiatan ini bisa memahami keadaan kesehatan dan kemampuan yang dimilikinya.

Untuk menjaga nama baik TNI Angkatan Laut dan Korps Marinir maka seluruh prajurit yang bertugas di  Brigif 3 Mar harus menjalankan tugas dengan baik. Sebagai prajurit lapangan harus bisa bersinergi dengan lingkungan sekitar atau lapangan tempat bertugas, mencintai lingkungan, koordinasi dan juga menjalin hubungan baik dengan siapa saja.

Seluruh prajurit juga diminta untuk selalu berhati-hati dalam pergaulan di luar Brigif. Prajurit dipersilahkan untuk bersosialisasi namun harus tetap menghormati tradisi adat, aturan atau kearifan lokal yang ada di lingkungan Brigif tersebut. Perlu ditegaskan jika prajurit dilarang untuk egois dan mementingkan diri sendiri.

Pada dasarnya didirikannya Brigif 3 Marinir di Sorong Papua Barat bertujuan untuk menambah kekuatan TNI Angkatan Laut di wilayah timur Indonesia. Mengingat daerah tersebut rawan terjadinya pertikaian atau konflik.

No more articles