Militer.ID – Scuba Diver TNI, merupakan kualifikasi selam dengan menggunakan alat pernafasan bebas untuk berada di bawah air dalam kurun waktu yang lama. Istilah Scuba sendiri merupakan akronim “Self Contained Underwater Apparatus”. Dilingkungan Militer Indonesia, kualifikasi Scuba Diving merupakan kewajiban terutama bagi Tentara Nasional Indonesia matra Laut atau TNI-AL.

Dengan fokus kematraan air, prajurit TNI AL wajib memiliki keahlian sebagai seorang Scuba Diver atau peselam scuba. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa prajurit dari matra lain pun memiliki kualifikasi sebagai peselam scuba.

Kursus Scuba Diver atau (Sus Scuba Diver) dilaksanakan dengan tujuan agar prajurit memahami berbagai alat yang digunakan untuk selam scuba dan juga mampu melaksanakan penyelaman scuba dengan alat scuba secara baik dan benar.

Selain itu, keahlian selam scuba pun berguna dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai salah satu Negara maritim besar di dunia, potensi laut Indonesia sangatlah besar, sehingga kegiatan penjagaan potensi laut dengan cara selam scuba, merupakan hal yang wajib dikuasai oleh prajurit TNI.

1 2