Militer.id Militer Indonesia ini terbilang luar biasa apabila dilihat dari jumlah peringkatnya. Militer Indonesia menduduki peringkat ke 14 yang diambil dari seluruh aspek yang telah diperhitungkan. Salah satu keunggulan militer Indonesia adalah jumlah tanknya. Tepatnya, tank Leopard yang menjadi kebanggaan TNI AD. Tank ini menjadi jenis tank yang paling ternama bahkan kehebatannya disandingkan dengan kehebatan tank merkava milik Israel atau tank Abrams milik Amerika.

Ada banyak fitur oke dan menarik pada tank TNI itu. Leopard 2RI memiliki teknologi AMP yang sangat canggih, yang merupakan Advanced Modular Armour Protection. Teknologi tersebut berfungsi untuk melindungi seluruh bagian sisi pada tank dari segala ancaman yang ada. Mulai dari bagian rudal anti tank hingga roket balistiknya. Sistem perlindungan yang terdapat pada leopard 2RI ini juga telah digunakan oleh hampir seluruh jenis tank yang kekinian sampai saat ini. 

Tank Leopard 2RI Kebanggaan TNI AD

Tank Leopard 2RI Kebanggaan TNI AD

Sebuah kawasan di Situbondo bergejolak, hal itu terjadi di akhir tahun 2019 lalu. Berbagai suara dentuman menggelegar di bagian kulit bumi dan terdengar sangat kencang. Deru beberapa mesin perang di sana juga sangat mengguncang. Hal itu berasal dari suara leopard 2RI milik Indonesia, yang disebut-sebut sebagai kebanggaan TNI AD.

Baca Juga : OERLIKON SKYSHIELD MK-2: MISIL PENGHANCUR MILIK PASKHAS TNI AU

Leopard tersebut digunakan dalam rangka pelatihan gabungan yang bernama Darma Yudha. Ada sekitar 13 unit tank yang diturunkan oleh TNI AD dalam acara pelatihan tersebut. Tank kebanggaan ini memang telah dipesan oleh TNI AD sejak tahun 2016 lalu. Jumlah tank yang dimiliki oleh TNI AD ada sekitar 61 Tank Leopard 2 RI dan 41 unit Tank Leopard 2A4 terhitung sampai saat ini.

Jumlah tersebut berhasil menempatkan Indonesia pada urutan ke-16 dari jumlah 137 negara yang dilihat dari kekuatan militernya. Menurut para pengamat militer, leopard 2 ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan unggul. Tank ini menjadi penerus dari leopard 1 yang telah didesain sejak tahun 1979 silam. Leopard 2 ini adalah buatan dari Krauss-Maffei Wegmann dan Maschinenbau Kiel.

Spesifikasi yang dimiliki oleh tank berkekuatan canggih ini meliputi mesinnya sudah ditenagai oleh turbo ganda V12 buatan MTU. Hal itulah yang membuat mesin ini mampu melarikan tank dengan bobot sekitar 68 ton dengan kecepatan maksimal 68 km/jam. Senjata utama yang terdapat pada leopard 2 ini adalah memiliki kru 4 personil yaitu sepasang senapan mesin MG3A1 dengan meriam L/44 Rheinmetall 120mm.

Dan tank varian 2A4 yang dimiliki oleh Indonesia ini memiliki jenis senapan mesin yang telah diupgrade dengan senapan mesin MG 87. Ditambah lagi dengan alat komunikasinya yang canggih dan tambahan AC yang cukup dingin.

Leopard 2RI Menjadi Mesin Perang dan Disebut Sebagai Hewan Predator

Leopard 2RI Menjadi Mesin Perang dan Disebut Sebagai Hewan Predator

Dalam kelahiran tank buatan Jerman, nama Ferdinand Porsche sebagai pendiri mobil-mobil sport mewah juga berperan penting di dalamnya. Ialah yang memberi nama tank-tank canggih tersebut. Termasuk Leopard 2RI milik Indonesia ini yang didesain langsung oleh Porsche sebagai jenis tank tempur yang paling pertama, yang menggunakan kendali elektrik mesin dengan AC system di dalam bahan bakar mesinnya.

Mesin perang Leopard 2RI ini disebut-sebut sebagai mesin perang ternyaman bahkan tingkat kenyamanannya disetarakan dengan Limousin. Peralatan di dalamnya bukan hanya canggih, tapi dibuat senyaman mungkin untuk operatornya. Kenyamanan yang luar biasa juga akan dirasakan langsung oleh para penumpangnya.

No more articles