Militer.id Batalyon Infanteri 141 adalah batalyon infanteri yang ada di bawah Komando Korem 044/Garuda Dempo, Kodam II/Sriwijaya secara langsung. Markas dari Yonif 414 ini berada di Jl Lintas Barat Sumatera Muara Enim. Statusnya berubah menjadi Yonif Pemukul Kodam II/Sriwijaya menjadi yonif di bawah kendali Korem 044/Garuda Dempo Palembang tepat di tahun 1999.

Di dalam dunia militer khususnya Yonif MR 414 Kostrad ini, juga terdapat tradisi pelepasan pindah satuan para prajuritnya. Pelepasan para prajurit terbaik ini adalah salah satu upaya dalam menanamkan kebanggaan pada satuan lama yang telah mereka tinggalkan.

Masih ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh pasukan militer Yonif Raider 414 tersebut. Kegiatan lainnya yang dilakukan oleh para prajurit dari Yonif 414 ini yang juga menjadi hal paling menonjol adalah menjadi penjaga batas negara Indonesia. Tak terkecuali di masa-masa pandemi covid-19 ini.

Kegiatan Patroli di Batas Negara oleh Yonif 414 di Masa Pandemi

Kegiatan Patroli di Batas Negara oleh Yonif 414 di Masa Pandemi

Pandemi menjadi masalah yang terjadi di seluruh dunia. Namun, adanya wabah covid-19 ini tidak membuat para prajurit dari Yonif Raider 414 melemah. Mereka juga tetap sigap menjalankan tugas atau kegiatan yang wajib dilakukan. Yaitu untuk menjaga batas negara Indonesia, dengan melakukan patroli di beberapa batas wilayah negara.

Baca Juga : YONIF 515 : PASUKAN PENEMBAK HANDAL ANGKATAN DARAT

Batas wilayah negara yang dijaga ketat oleh pasukan dari Yonif Raider 414 ini, salah satunya adalah perbatasan wilayah RI dengan Papua Nugini. Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad pun menjadi bagian dari penjagaan di batas negara tersebut. Yang juga bergabung dengan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas), dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Pasukan tersebut dengan rutin menjalankan tugas untuk menjaga batas negara. Caranya yaitu dengan melaksanakan patroli keamanan yang ada di perbatasan negara. Para personel Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad, terus memastikan kondisi keamanan yang ada di batas wilayah negara. Dengan cara melakukan patroli keamanan secara rutin di beberapa jalur tikus yang menghubungkan kedua negara. pasukan yang berasal dari Yonif Mekanis Raider 414 ini adalah mereka yang bertugas di bumi Animha Kabupaten Merauke, atau yang ada di perbatasan Ri dengan Papua Nugini di bagian sektor selatan.

Di beberapa tempat terpisah, seluruh jajaran Pos Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad tersebut terus melakukan patroli keamanan di jalur tikus yang menjadi perbatasan kedua negara. Hal itu telah ditegaskan oleh Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang.

Kemampuan Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad dalam Menjaga Batas Negara

Kemampuan Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad dalam Menjaga Batas Negara

Hingga saat ini, belum ditemukan pelanggaran pada batas lalu lintas tersebut ataupun pelanggaran dalam hal penyelundupan barang ilegal, yang melalui jalur tikus yang dijaga dengan ketat oleh Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad.

Walaupun begitu tugas negara dalam menjaga wilayah batas negara tersebut terus dilakukan. Untuk mencegah hal-hal yang ilegal di masa pandemi tersebut.

Hal-hal lainnya yang dilakukan oleh Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad tersebut di perbatasan negara itu adalah membagi-bagikan sembako, dan melakukan pelayanan pengobatan secara keliling door to door. Memberi pelayanan jaminan kesehatan pada masyarakat sekitar yang membuktikan, menjadi fokus dan konsentrasi khusus yang dilakukan oleh tim kesehatan dari Satgas.Mereka juga mencermati kondisi lingkungan dan mempersiapkan solusi atau antisipasinya, dengan cara mewaspadai beberapa aksi yang dilakukan oleh pelintas batas negara yang ilegal atau penyelundupan. Karena menurut pasukan dari Yonif 414 ini, banyak pelintas batas negara yang memanfaatkan situasi covid-19 dengan melakukan hal-hal yang ilegal.

No more articles