Militer.id Batalyon Infanteri Raider 515 Kostrad merupakan satuan organik dari Kodam VIII atau Brawijaya, yang dimana statusnya berubah menjadi satuan kostrad. Lebih dari 138an prajurit yang gugur saat sedang berada di medan tugas dari tahun 1945 lalu sampai saat ini. Markas Yonif 515 ini berada di Jember Jawa Timur yang telah ada sejak zaman awal kemerdekaan lalu.

Batalyon Raider ini sudah melalui sejumlah perjalanan di dunia militer dan mengalami pergantian nama beberapa kali, hingga akhirnya namanya diubah menjadi Yonif. Yonif Raiders ini dikenal dengan pasukan penembaknya yang sangat handal dengan hasil tembakan yang jitu. Pasukan khusus dalam militer memang dilatih secara khusus untuk melatih perang misalnya untuk kebutuhan pertahanan luar negeri, perang non konvensional, pengintaian, teroris dan masih banyak lagi.

Pasukan khusus Yonif Raider ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan pertempuran jarak dekat dan menjadi pasukan anti teroris. Namun, satu hal yang paling dikenal dari Yonif ini adalah sebagai penembak handal.

Baca Juga : KEBERHASILAN OPERASI PEMULIHAN KEAMANAN YONIF LINUD 330 TRI DHARMA

Yonif 515 Selalu Membuktikan yang Terbaik dalam Penembakan

Yonif 515 Selalu Membuktikan yang Terbaik dalam Penembakan

Dengan latihan secara khusus, Batalyon Infanteri Raiders terus melatih para pasukannya dan membentuk para penembak yang handal. Mereka juga berhasil merebut gelar juara umum, di Kota Malang. Juara umum tersebut terdapat pada kejuaraan lomba tembak piala pangdiv 2 Kostrad. 

Kejuaraan lomba itulah yang membuat sepak terjang Yonif Raider ini semakin baik dan semakin dikenal luas. Seluruh satuan jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad, mengikuti kejuaraan lomba tembak yang secara langsung dibuka oleh Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P pada saat itu. Dan  satuan jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad yang mengikuti kejuaraan adalah mereka yang sudah tersebar ke wilayah Jawa Tengah dan Timur.

Sebanyak 405 orang prajurit TNI mengikuti kejuaraan lomba tembak tersebut. Dan akhirnya, Yonif Raider 515 lah yang berhasil memenangkan juara umum di kejuaraan tersebut. Yonif Raider berhasil memperoleh 2 buah medali perak dan 1 buah medali emas. 

Kategori pertandingan yang diikuti oleh pasukan dari Yonif raiders adalah Menembak Pistol Prestasi, Menembak Senapan Mesin Ringan, Menembak Pistol Eksekutif, hingga Menembak Senapan Prestasi. Hal itu benar-benar menjadi prestasi yang sangat bagus bagi Yonif Raider, karena hal itu membuktikan bahwa mereka memang sudah menjadi penembak handal di Indonesia.

Keberhasilan Yonif 515 dalam Mencetak Prestasi dalam Kejuaraan Lomba Tembak

Keberhasilan Yonif 515 dalam Mencetak Prestasi dalam Kejuaraan Lomba Tembak

Keberhasilan yang dicapai oleh Yonif Raider adalah prestasi yang sangat membanggakan bagi jajaran satuan. Hal itu diucapkan oleh Komandan Yonif Raider 515 Kostrad Letkol Inf Syafruddin. Dan pasukan dari Yonif menduduki peringkat pertama dari 27 kontingen yang ada.

Seluruh prajurit yang berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut mampu menunjukkan prestasi terbaiknya. Dengan terus meningkatkan kemampuan dan mempertahankannya, maka pasukan dari Yonif Raider 515 akan memberikan prestasi pada ajang yang lebih tinggi dari itu. Bahkan mereka bisa membuktikan kemampuan prestasi mereka di tingkat AD atau TNI.

Bukan hanya unggul di bidang penembakan, tetapi prajurit di Yonif Raider juga dilatih secara khusus untuk melakukan penyergapan. Atau terjun langsung dari helikopter. Ada beberapa tahapan dalam pelatihan yang dilakukan oleh prajurit di Yonif Raider ini. Yaitu tahap dasar, gunung dan juga rawa laut.

Semua tahap itu harus dilalui dengan baik, supaya mereka mampu melakukan pertempuran sengit yang harus mereka hadapi. Yonif 515 ini memang memiliki banyak keunggulan.

No more articles